Kamis, 02 Juni 2016

Ahok: Kartu Jakarta One akan Melebihi Octopus Hong Kong

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mempersiapkan peluncuran Kartu Jakarta One hari ini. Kartu pembayaran multifungsi itu bakal dibikin lebih hebat dari kartu multifungsi di Hong Kong, Octopus. "Untuk Jakarta One, kami ingin lebih dari Octopus," kata Ahok di Gedung Thamrin, Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2016).
Ahok menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers usai rapat terkait Smart City di Indonesia bersama Agus Martowardojo dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong. Ada pula Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Sebagaimana diketahui, Octopus adalah kartu multifungsi di Hong Kong yang bisa digunakan untuk pembayaran berbagai keperluan, mulai dari supermarket hingga naik transportasi umum. Namun, Jakarta One direncanakan juga terintegrasi dengan pendataan identitas di KTP. 
Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJP) juga ikut mendasari pembuatan Jakarta One. Kartu Jakarta One tak akan menambah ruwet penggunaan kartu-kartu pelayanan yang beredar di Jakarta. "Justru dasarnya seperti KJP. Ada tabungan JakCard namanya. Ini semua modal awal kita bentuk Jakarta One. Nanti kartu Jakarta One bisa e-KTP sebetulnya, semua bisa disimpan di situ. Jadi bukan tidak efisien (karena Jakarta kebanyakan kartu), justru jadi efisien," ujar Ahok.
Pendataan yang termuat dalam Jakarta One juga bisa memudahkan Pemprov DKI dalam mengetahui siapa-siapa saja masyarakat kurang mampu yang membeli barang-barang murah saat operasi pasar digelar. Soalnya sampai saat ini barang-barang kebutuhan di operasi pasar dibeli ludes oleh pemborong yang berniat menjualnya kembali. "Kami akan adakan operasi pasar setiap hari. Lewat Jakarta One, kami jadi bisa tahu siapa yang beli," kata Ahok.
Ahok, Agus, dan Direktur Utama PT TransJakarta Budi Kaliwono akhirnya keluar dari gedung untuk menuju Golf Driving Range Senayan, tempat peluncuran kartu Jakarta One. Mereka memasuki bus tingkat Trans Jakarta. Ahok sejenak berselfie dari bangku terdepan lantai dua bus ini. Bus lalu meluncur ke Senayan.



http://news.detik.com/berita/3223866/ahok-kartu-jakarta-one-akan-melebihi-kartu-octopus-hong-kong

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

KOLAM IKAN

CLOCK

VISITORS

Flag Counter

about

Hello Kitty Winking Pointer

ABOUT

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Desy Agustina Riyanto | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com