Senin, 06 Juni 2016

Mean, Median dan Modus


RESUME
PENGELOLAAN DATA
Diajukan Guna Memenuhi Tugas Kuliah Pendidikan Matematika yang Dibina
Oleh Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. dan Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.




Oleh :
Kelompok 11/Kelas A
Desy Agustina Riyanto                       150210204009
Fatrikah Choirul Umami                     150210204020
Mimin Dwi Jayanti                             150210204089
Fania Narulita                                     150210204090
Riyadhotul Mu’awanah                      150210204119








PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2016









KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang,  kami mengucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan resume yang berjudul “PENGELOLAAN DATA“.
            Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak terutama ibu Dra. Titik Sugiarti, M.Pd. sehingga penyusunan makalah ini berjalan dengan baik. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
            Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.








Jember, 17 Maret 2016
              Penulis






PENGELOLAAN DATA

Tujuan Pembelajaran :
1.  Setelah melihat contoh dari guru, siswa diharapkan mampu menjelaskan dan memahami pengertian data.
2.        Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat mengetahui cara mengumpulkan data.
3.   Setelah mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, diagram gambar dan diagram lingkaran.
4.        Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menentukan mean, median dan modus.

Media dan Alat Pembelajaran:
1.        Busur
2.        Biji Abakus
3.        Stik Bambu
4.        Timbangan

A.      MENGENAL DATA
Langkah-langkah kegiatan :
1.        Guru menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan belajar pengelolaan data.
2.        Guru memberikan contoh data seperti dibawah ini:
a.         Keluarga saya minum air rata-rata 5 liter per hari.
b.         Pada umumnya setiap keluarga mempunyai sebuah televisi.
c.         Dokter gigi mengatakan bahwa saya hanya mempunyai 1 lubang gigi.
3.        Guru bertanya tentang pendapat siswa mengenai pengertian data.
4.        Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pengertian data.
Data adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, dan penelitian yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang.
5.        Guru memberikan contoh lain seperti dibawah ini:
a.         Andi senang sekali mendapatkan nilai yang bagus.
b.         Jumlah siswa kelas 6 adalah 40 anak.
6.        Kemudian guru menyuruh siswa untuk mencari perbedaan dari kedua contoh diatas.
7.        Guru menjelaskan tentang data kualitatif dan kuantitatif
Data kualitatif adalah data yang bukan merupakan bilangan.
Data kantitatif adalah data yang merupakan bilangan.

B.       CARA MENGUMPULKAN DATA
Langkah-langkah kegiatan saat mengumpulkan data dengan wawancara:
1.        Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang (nama, kota kelahiran, umur, berat badan, tinggi badan dan hobi).

2.        Guru mencatat data yang diperoleh di papan tulis.





0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

KOLAM IKAN

CLOCK

VISITORS

Flag Counter

about

Hello Kitty Winking Pointer

ABOUT

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Desy Agustina Riyanto | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com