RESUME
PENGELOLAAN
DATA
Diajukan Guna Memenuhi Tugas Kuliah
Pendidikan Matematika yang Dibina
Oleh Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. dan Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.
Oleh :
Kelompok
11/Kelas A
Desy Agustina Riyanto 150210204009
Fatrikah Choirul Umami 150210204020
Mimin Dwi Jayanti 150210204089
Fania Narulita 150210204090
Riyadhotul Mu’awanah 150210204119
PROGRAM
STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah
SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang,
kami mengucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah
melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat
menyelesaikan resume yang berjudul “PENGELOLAAN DATA“.
Makalah
ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai
pihak terutama ibu Dra. Titik Sugiarti, M.Pd. sehingga penyusunan makalah ini
berjalan dengan baik. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada
semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas
dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari
segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan
terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat
memperbaiki makalah ini.
Akhir kata kami berharap
semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Jember, 17 Maret 2016
Penulis
PENGELOLAAN
DATA
Tujuan
Pembelajaran :
1. Setelah melihat contoh dari guru, siswa
diharapkan mampu menjelaskan dan memahami pengertian data.
2.
Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru, siswa dapat mengetahui cara mengumpulkan data.
3. Setelah mendengarkan penjelasan dan
contoh dari guru, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel, diagram
batang, diagram garis, diagram gambar dan diagram lingkaran.
4.
Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru, siswa dapat menentukan mean, median dan modus.
Media
dan Alat Pembelajaran:
1.
Busur
2.
Biji Abakus
3.
Stik Bambu
4.
Timbangan
A.
MENGENAL
DATA
Langkah-langkah kegiatan :
1.
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa
mereka akan belajar pengelolaan data.
2.
Guru memberikan contoh data seperti
dibawah ini:
a.
Keluarga saya minum air rata-rata 5
liter per hari.
b.
Pada umumnya setiap keluarga mempunyai
sebuah televisi.
c.
Dokter gigi mengatakan bahwa saya hanya
mempunyai 1 lubang gigi.
3.
Guru bertanya tentang pendapat siswa
mengenai pengertian data.
4.
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
pengertian data.
Data
adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, dan
penelitian yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang.
5.
Guru memberikan contoh lain seperti
dibawah ini:
a.
Andi senang sekali mendapatkan nilai
yang bagus.
b.
Jumlah siswa kelas 6 adalah 40 anak.
6.
Kemudian guru menyuruh siswa untuk
mencari perbedaan dari kedua contoh diatas.
7.
Guru menjelaskan tentang data kualitatif
dan kuantitatif
Data kualitatif adalah data yang
bukan merupakan bilangan.
Data kantitatif adalah data yang
merupakan bilangan.
B.
CARA
MENGUMPULKAN DATA
Langkah-langkah
kegiatan saat mengumpulkan data dengan wawancara:
1.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
tentang (nama, kota kelahiran, umur, berat badan, tinggi badan dan hobi).
2.
Guru mencatat data yang diperoleh di
papan tulis.
0 komentar:
Posting Komentar