Bidang
Studi :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/semester : II/I
Fokus : Membaca
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
Indikator : 1. Menjelaskan isi
puisi yang dibaca.
2. Menjawab
pertanyaan berkaitan dengan teks puisi.
3. Membaca teks
puisi.
4.
Membacakan
puisi yang telah disediakan.
5.
Mengembangkan perilaku karakter, meliputi:
a.
Mengerti dan
menghargai pendapat orang lain.
b.
Melaksanakan
tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
6.
Mengembangkan keterampilan sosial.
a.
Mampu
berkomunikasi secara lisan.
b.
Mampu
berkomunikasi secara tertulis.
Skenario :
1. Kegiatan Awal
a.
Guru mengkondisikan kelas dengan
mengabsensi, berdoa, dan
lain-lain.
b.
Guru melakukan apersepsi: pembelajaran diawali dengan tanya jawab tentang puisi.
2.
Kegiatan Inti
a. Guru
memberikan soal-soal
yang akan ditanyakan kepada siswa sebelum memperdengarkan teks puisi.
b. Guru
memperdengarkan teks puisi “Pelangi” kepada siswa.
c. Siswa menjawab soal-soal
yang telah diberikan berdasarkan teks puisi yang telah didengarkan.
d.
Guru
memberikan umpan balik terhadap soal-soal tersebut.
e.
Guru
menjelaskan cara menjelaskan isi puisi.
f.
Guru
menampilkan media berupa teks puisi di
depan kelas.
g. Beberapa
orang siswa maju ke depan
kelas untuk membacakan puisi yang berjudul
“Kelinci”.
h.
Siswa menjelaskan isi puisi tersebut.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b. Guru
mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaimana perasaaan siswa belajar hari ini.
c.
Guru
mengumpulkan tugas siswa dan menilainya.
Terimakasih. Sudah menginspirasi.
BalasHapus